Thursday, February 22, 2018

Mengenal Premium Economy Class di Pesawat, Seperti Apa Sih?

sumber:2webdesign.com

Pernah mendengar istilah premium economy class alias kelas ekonomi tapi versi premium? Bikin penasaran kan, sebenarnya kelas ini seperti apa sih? Apa yang membedakannya dengan kelas ekonomi biasa dan kelas bisnis?

Biar nggak penasaran lagi, artikel ini bakal membahas tentang kelas ‘nanggung’ tapi murah dan nyaman ini.


Antara Ekonomi dan Bisnis


Kelas premium ekonomi ini bisa dibilang kelas yang nanggung. Bukan ekonomi, bukan juga kelas bisnis. Fasilitasnya berada di tengah-tengah antara ekonomi dan bisnis, dengan kenyamanan yang berada di antara dua kelas ini pula.

Tidak bisa dibilang seperti ekonomi pada umumnya, dan juga tidak senyaman kelas bisnis yang harga tiket promo pesawat pun lebih mahal daripada yang lainnya.

Fasilitas Berbeda Dengan Ekonomi

sumber:singaporeair.com

Karena dinamakan premium, tentu fasilitasnya berbeda dengan kelas Ekonomi biasa. Namun kebijakan masing-masing maskapai berbeda dalam memperlakukan kelas premium ekonomi ini.

Ada yang memberikan kursi dengan jarak kaki lebih lebar sehingga perjalanan terasa lebih nyaman. Ada yang memberikan makanan lebih enak dan fasilitas tambahan lain yang tak dirasakan oleh penumpang kelas ekonomi biasa. Dan beberapa fasilitas lainnya yang bisa dicek di masing-masing maskapai.

Harga Tiket Lebih Mahal


sumber:singaporeair.com

Seperti namanya, harga tiket pesawat kelas premium lebih mahal daripada ekonomi biasa. Namun bila dibandingkan dengan kelas bisnis, harga kelas premium ekonomi tetap lebih terjangkau. Beberapa maskapai pun kadang memasukkan kelas ini dalam promo tiket pesawat mereka. Jadi kamu bisa mendapatkan fasilitas di kelas premium ekonomi, tapi dengan harga yang lebih murah.

Pengganti Kelas Bisnis

Beberapa maskapai menyebut premium ekonomi sebagai pengganti kelas bisnis yang sengaja ditiadakan. Biasanya, hal ini berlaku pada penerbangan jarak pendek yang tidak banyak penumpang mau membayar terlalu mahal untuk kelas bisnis.

Untuk mengakali harga, beberapa maskapai menjual kursi kelas bisnis dengan tarif premium ekonomi. Tentunya penumpang yang diuntungkan dengan sistem begini, karena harga tiketnya lebih ekonomis namun dengan fasilitas yang lebih nyaman selama perjalanan.

Bagaimana Mencari Kelas Premium Ekonomi?


Yang perlu diingat adalah tidak semua maskapai memiliki kelas premium ekonomi. Kamu bisa memastikannya dengan cek langsung di website resmi milik maskapai atau cek detail tiket ketika memesan di Traveloka.

Jika sejak awal memang menginginkan untuk duduk di kelas ekonomi premium, sampaikan kepada travel agen untuk mencari di kelas tersebut.

sumber:singaporeair.com

Jangan lupa untuk cek ulang, apa fasilitas lebih yang diberikan maskapai untuk kelas ini. Apakah jarak antar tempat duduk yang lebih lega, atau makanan yang lebih lezat, atau fasilitas tambahan lain. Sesuaikan dengan lama perjalanan dan juga tujuan kamu untuk mendapatkan kelas ini sebelum memutuskan untuk membeli tiket pesawat promo.

Beberapa maskapai besar di Indonesia sudah memiliki kelas ini. Terutama yang memberikan kelas premium ekonomi dengan jarak antar seat lebih luas.

Jarak antar seat ini penting, terutama untuk perjalanan lebih dari satu jam. Karena bagaimanapun juga, duduk dengan kaki terlipat dalam waktu lama sama sekali tidak nyaman untuk perjalanan. Itulah yang membuat beberapa orang menyebutnya sebagai sindrom kaki kelas ekonomi, pegal dan sakit karena berada di posisi tak nyaman dalam waktu lama.

Yang paling asyik, biasanya kelas premium ekonomi juga masuk dalam list tiket pesawat promo. Jadi kamu tak perlu merogoh kocek dalam-dalam buat perjalanan yang nyaman.


Naik kelas premium ekonomi yuk…

No comments:

Post a Comment

Let me know what you think!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...