Saturday, June 9, 2018

CURHAT: Masalah Kulit dan Rambut yang Sedang Aku Hadapi



Hola! Kalau biasanya kamu sering baca blogku tentang product review, baik makeup, skin care, sampai produk rambut, kali ini aku mau sedikit curhat tentang kondisi kulit dan rambutku saat ini.

Banyak faktor yang mempengaruhi kondisi kulit dan rambutku saat ini, mulai dari pertambahan usia, gaya hidup (pola makan dan tidur), serta penggunaan makeup dan proses kimia pada rambut.

Apa saja sih masalah kulit dan rambut yang sedang aku hadapi? Simak terus sampai bawah ya!




Wadidaw! Foto di atas adalah foto muka aku bare face, no makeup, no skin care alias fresh selesai cuci muka.

Seperti yang bisa kamu lihat, ada 3 masalah utama yang aku alami:

1. Rambut Rontok dan Menipis
2. Kantung Hitam di Bawah Mata
3. Kulit Kering Akibat Dehidrasi yang Bikin Jerawatan

Mari kita bahas satu per satu sekaligus cerita penyebab ketiga masalah tersebut ya!

1. Rambut Rontok dan Menipis


Sebenarnya masalah ini sudah beberapa bulan terakhir aku alami. Alasannya sih aku tau banget: pewarnaan rambut berkali-kali dalam jangka waktu berdekatan.

Kalau kalian cek Instagram aku, pasti notice kalau aku sering banget gonta-ganti warna rambut. Nah, sebenarnya saat aku masih mewarnai di salon, walau melalui proses bleaching, tidak terlalu berdampak signifikan terhadap kesehatan rambutku.

Justru saat aku mulai iseng warnain sendiri, ternyata rambut aku rontok parah dan patah. Akumulasi dari pewarnaan rambut terlalu sering dan penggunaan pewarna rambut yang salah (persentase amonia tinggi) pun mengakibatkan domino effect yang akhirnya bikin aku ngeri sendiri.

Gak perlu pakai sisir, rambut aku bisa rontok banyak banget hanya dengan pakai jari. 😭😭😭

Lantai, kasur, sampai tas penuh dengan helai rambut yang rontok... Disini aku mulai super waspada.

Belum lagi akhir-akhir ini pola tidurku kacau banget, kadang baru tidur dini hari sekitar pukul 4-5 pagi.

2. Kantung Hitam di Bawah Mata


Sebenarnya kantung bawah mata aku memang selalu ada, istilah kerennya kan aegyo-sal. And I kinda embrace it sih, sayangnya akhir-akhir ini kantung matanya jadi lebih tebal dan berwarna gelap.

Gak perlu capek nebak, penyebab kantung hitam di bawah mataku ini pastinya karena pola tidur yang kacau, kurang tidur, dan kurang konsumsi air putih. 

Sekarang garis-garis halus juga semakin jelas sih di bawah mataku. Aku pun menggunakan krim mata secara rutin, tapi aku memang belum menemukan krim mata yang bisa mencerahkan lingkaran hitam.

3. Kulit Kering Akibat Dehidrasi yang Bikin Jerawatan


Tipe kulit aku adah kombinasi, di bagian T-zone (hidung, dagu, dahi) berminyak dan U-zone (pipi) kering. Berbeda dengan kebanyakan orang, aku justru mengalami lebih banyak jerawat di area yang kering. 

Biasanya area T-zone hanya berjerawat menjelang menstruasi (hormonal). Jerawat yang ada di pipi pun entah mengapa lebih sulit hilang bekasnya, jadi di pipiku banyak bercak hitam bekas jerawat.

Masalah ini sepertinya dipicu oleh stres dan juga kurang tidur serta kurang konsumsi air putih. Belum lagi cleanser dan pelembapku juga sudah mau habis. 



Minggu lalu aku lagi scroll Instagram dan nemu postingan @lylandalucia tentang perawatan kulitnya di ERHA via #terjebakErha.


Aku jamin sebagian besar dari kalian pasti tahu ERHA kan? Dari zaman SMP dulu aku udah sering banget denger tentang ERHA tapi memang belum pernah datang ke sana dan pakai produknya. 

Ada dua konsep yang bisa kamu kunjungi; ERHA CLINIC (untuk terapi dan rangkaian treatment profesional) dan ERHA APOTHECARY (galeri produk Over The Counter).


Jadilah aku mampir ke ERHA APOTHECARY di Grand Indonesia dan konsultasi disana. ERHA sendiri menerapkan konsep personalized, jadi setiap produknya itu dipastikan secara spesifik menangani dan merawat kondisi kulit dan rambut tertentu.

Disana, aku juga baru tahu ternyata ERHA juga memiliki rangkaian produk Over The Counter (OTC) alias produk yang dapat dibeli tanpa resep. Ada total 11 personalized category yang dapat kita pilih sesuai kebutuhan.

Setiap cabang ERHA APOTHECARY juga menyediakan konsultasi dengan tenaga ahli dan dokter, jadi kalian gak perlu ragu atau bingung karena akan berkonsultasi dengan pakar masalah kulit dan rambut. 

Yang lebih asik lagi, ternyata konsep personalized tidak hanya diterapkan pada konsultasi masalah kulit berat dengan dokter, tapi juga pada rangkaian produk OTC.

Misalnya, aku menceritakan masalah rambut rontok dan menipis pada dokter di ERHA APOTHECARY. Kemudian ternyata disana aku diberitahu oleh dokter bahwa ternyata kerontokan rambutku juga dipicu oleh masalah kulit kepalaku yang berminyak dan berketombe. Aku pun disarankan untuk menggunakan beberapa produk rambut sesuai masalah yang ada.

Selain konsultasi masalah rambut, dokter di ERHA juga menyarankan aku untuk menggunakan Facial Wash sesuai jenis kulitku (normal cenderung kering), pelembap, serta krim mata yang bisa mencerahkan bagian bawah mataku! YAY! 😍

Nah, mulai minggu kemarin, aku sudah mulai menggunakan produk-produk dari ERHA, ini dia produk yang aku gunakan:


Ada total 7 produk ERHA yang aku bawa pulang untuk menangani masalah kulit dan rambutku.

Dari seluruh produk yang aku terima, ada dua yang paling bikin aku penasaran:

ERHAIR HairGrow Serum

Karena aku khawatir banget sama masalah kerontokan rambutku, aku berharap produk ini bisa kasih solusi supaya rontoknya berkurang dan rambut yang tumbuh baru juga lebih sehat.

ERHA21 Perfect Shield Helios Total Skin Protector SPF 50 PA++

Aku sendiri belum punya masalah dengan flek hitam, tapi as you know kita hidup di bumi Indonesia yang selalu disinari mentari sepanjang tahun. Jadi, fardhu-ain hukumnya buat pakai sunscreen ya gengs!

Kesan Pertama Memakai Produk ERHA

Selain kedua produk yang bikin aku paling penasaran, ini dia 5 produk OTC dari ERHA lainnya yang juga sudah mulai aku pakai sehari-hari.


Kiri ke Kanan:
ERHA21 ERHA 1 Facial Wash for Normal & Dry Skin
ERHA21 Essential Moisturizer Skin Hydrating System
ERHA21 Under Eye Suppresor


Kiri ke Kanan:
ERHAIR Scalp Care Shampoo for Dandruff & Scalp Problem
ERHAIR Restoring Hair Moisturizer Dry & Damaged Hair Condition

Terus, apa kesan pertama aku beberapa hari ini menggunakan produk-produk di atas?


ERHA 1 Facial Wash ini teksturnya semi gel dengan warna bening. Busa yang dihasilkan juga cukup banyak, jadi penggunaannya cukup sebesar koin 100 Rupiah saja. Facial Wash ini mengklaim mampu membersihkan kotoran dan makeup tanpa menjadikan kulit kering.

Kandungan:
AHA
DMAE
Nicotinamide
Ekstrak Aloe Vera

Kesan pertama aku, pembersih wajah ini tidak memberikan after-feeling kulit ketarik dan kering, jadi so far I love it!


Lanjut dengan ERHA21 Under Eye Suppresor. Krim mata ini dapat membantu menyamarkan lingkaran hitam mata dan membantu merawat kekencangan kulit di sekitar mata.

Teksturnya ringan banget dan cepat meresap, me LOOVE it! Biasanya aku selalu punya masalah krim mata yang masuk ke mata, jadi bangun tidur residunya bikin iritasi. Krim mata yang satu ini tidak bikin iritasi dan teksturnya super ringan.

Kandungan:
Antioxidant
Peptide Complex


Terakhir, ERHA21 Essential Moisturizer Skin Hydrating System. Ini adalah pelembap yang membantu menutrisi, menghidrasi, serta menjadikan kulit tampak lebih cerah, sehat, dan lembap.

Teksturnya juga ringan dan gampang meresap, cocok untuk digunakan baik pagi dan malam hari.

Kandungan:
Line Factor™
Na-Hyaluronate
BSASM™
Vitamin A, C, E

Langkah terakhir untuk kulit adalah tabir surya, ERHA21 Perfect Shield Helios Total Skin Protector SPF 50 PA++ surely surprises me! Teksturnya super ringan, gak lengket, dan yang jelas gak bikin bruntusan. Biasanya beberapa sunscreen bikin aku jerawatan pas awal pemakaian. Nah, Helios ini ga ada efek samping sama sekali.

Untuk rambut, aku gunakan ERHAIR Scalp Care Shampoo for Dandruff & Scalp Problem. Samponya lumayan bikin kulit kepala fresh dan gak berlebihan dinginnya. Udah 3 hari ini ketombe aku juga berkurang dan kulit kepala gak terlalu cepet berminyak.

Setelah keramas, aku pakai ERHAIR Restoring Hair Moisturizer Dry & Damaged Hair Condition selama 1 menit supaya menjaga struktur batang rambut tetap sehat, kuat, lembap, lembut, dan mudah diatur. 

Terakhir, aku aplikasikan ERHAIR HairGrow Serum yang digunakan selama 7 hari. Ada total 7 botol ampul yang dispensernya berbentuk kerucut untuk mempermudah pengaplikasian langsung ke kulit kepala. Teksturnya pun cepat meresap dan wanginya juga tidak menyengat (soalnya aku punya hidung super sensitif).

Sejauh ini, aku suka dan bakal terus lanjutin penggunaan seluruh produk ERHA ini. Tunggu update aku berikutnya sebulan ke depan yaaa!

No comments:

Post a Comment

Let me know what you think!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...