Sunday, October 30, 2016

Perbandingan Harga Tiket Sriwijaya Air Saat Peak Season Vs Off Season

Hasil gambar untuk sriwijaya air
Sumber: commons.wikipedia.org
Dalam dunia pariwisata dikenal istilah “Peak Season” dan “Off Season”, dimana momentum keduanya akan memengaruhi tingkat harga tiket pesawat. Mayoritas orang berkesimpulan bahwa, saat Peak Season, maka harga tiket pesawat mana pun cenderung melonjak, bahkan bisa 2 kali lipat lebih mahal dari harga normal. Oleh karena itu, sebisa mungkin orang-orang akan memesan tiket dari jauh-jauh hari atau mempersiapkan dana lebih sebagai antisipasi kemungkinan dana pengeluaran melebihi perkiraan.
Pada kali ini, kita akan menelisik perbandingan harga tiket dilihat dari bulan-bulan normal dan di bulan menjelang libur nasional tahunan seperti contohnya libur Natal dan Tahun Baru pada bulan Desember. Harga tiket dilihat dari salah satu maskapai terbesar nomor tiga di Indonesia, yaitu Sriwijaya Air. Harga tiket akan ditinjau berdasarkan dua dari sekian banyaknya agen travel online ternama yang menyediakan sistem booking tiket Sriwijaya Air.
Dan sebagai contoh rute, kali ini ada dua rute penerbangan yang dijadikan perbandingan, yaitu Jakarta-Jogja dan Jakarta Bali. Kedua rute diambil berdasarkan destinasi favorit para traveler untuk berwisata. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak harga tiketnya di bawah.
  1. Rute Jakarta Jogja

Hasil gambar untuk jogja
Sumber: initempatwisata.com

Dari Travel 1
  • Harga tiket di bulan-bulan normal, tanpa libur nasional, dan hanya weekend, berkisar dari Rp 300.000 – Rp 500.000
  • Harga tiket di bulan Desember, menjelang libur nasional tahunan, berkisar dari Rp 400.000 – Rp 500.000

Dari Travel 2
  • Harga tiket di bulan-bulan normal, tanpa libur nasional, dan hanya weekend, berkisar dari Rp 300.000 – Rp 500.000
  • Harga tiket di bulan Desember, menjelang libur nasional tahunan, berkisar dari Rp 300.000 – Rp 500.000

  1. Rute Jakarta Bali

Hasil gambar untuk bali
Sumber:iexperience-internship.com

Dari Travel 1
  • Harga tiket di bulan-bulan normal, tanpa libur nasional, dan hanya weekend, berkisar dari Rp 500.000 – Rp 1.200.000;
  • Harga tiket di bulan Desember, menjelang libur nasional tahunan, berkisar dari Rp 1.000.000 – Rp 1.200.000.

Dari Travel 2
  • Harga tiket di bulan-bulan normal, tanpa libur nasional, dan hanya weekend, berkisar dari Rp 500.000 – Rp 700.000;
  • Harga tiket di bulan Desember, menjelang libur nasional tahunan, berkisar dari Rp 500.000 – Rp 800.000.
Nah, dari harga yang tercantum di atas dapat dilihat bahwa, ternyata harga tiket pesawat untuk rute Jakarta-Jogja, baik di bulan-bulan normal maupun menjelang liburan tetap flat, harga tidak berbeda jauh setiap harinya. Namun, untuk rute Jakarta-Bali, antara bulan-bulan normal dan menjelang liburan di bulan Desember, harga tiket selalu lebih mahal. Di salah satu travel, selisih harga masih berkisar Rp 100.000, namun di travel lain harga tiket disamaratakan dengan harga tiket tertinggi di bulan-bulan normal, yaitu sekitar Rp 1.200.000.
Ok, traveler, ternyata perubahan harga tiket tidak hanya didasarkan pada “waktu Anda traveling” saja, namun juga tujuan Anda. Dari kedua rute di atas, Jogja merupakan salah satu destinasi wisata, namun pamornya masih unggul pada kota Bali. Hal itulah yang menyebabkan harga tiket menuju Bali cenderung lebih mahal. Namun, secara keseluruhan, harga tiket Sriwijaya Air masih terjangkau dan ternyata tidak melonjak berkali-kali lipat seperti asumsi pada umumnya.
Jadi, hal baiknya adalah ternyata masih ada maskapai dengan penawaran harga tiket yang tetap recommended meski menjelang Peak Season, ya. Terutama jika mengingat Sriwijaya Air termasuk maskapai yang melayani penumpangnya secara full service, pantas saja jika maskapai ini menjadi andalan untuk penerbangan domestik.
Sebagai info tambahan, tiket Sriwijaya Air juga dapat dipesan via online. Bagi Anda yang belum pernah, bisa mengikuti cara di bawah ini.
Cara booking tiket Sriwijaya Air melalui OTA
  1. Pilih rute Sriwijaya Air sesuai yang diinginkan pada kolom “search”;
  2. Booking dengan cara memasukan data penumpang;
  3. Pilih metode pembayarannya;
  4. Setelah melakukan pembayaran, maka tiket akan dikirimkan melalui alamat email Anda yang telah dicantumkan pada saat pengisian data penumpang.
Sedangkan cara booking tiket Sriwijaya Air melalui website resmi adalah sebagai berikut:
  1. Masuk ke website resmi di, sriwijayaair.co.id
  2. Masukan informasi kota tujuan, nanti Anda akan menerima kode booking dan kode pembayaran.
  3. Pilih metode pembayaran (atm—resi pembayaran diperlukan sebagai bukti/kartu kredit/internet banking)
  4. E-tiket akan dikirimkan via email setelah pembayaran dilakukan
  5. Saat ti ba di bandara, Anda harus menunjukkan paspor atau kartu identitas di check in counter dan baru masuk ke ruangan boarding gate.

Demikian, Perbandingan Harga Tiket Sriwijaya Air Saat Peak Season Vs Off Season. Semoga bermanfaat, ya, terutama untuk Anda yang ingin bepergian dalam waktu dekat ini. Selamat melancong ke destinasi berikutnya, traveler!

No comments:

Post a Comment

Let me know what you think!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...