Saturday, June 17, 2017

Pengalaman Belanja Mudah dengan HappyFresh


Bukan hanya ibu rumah tangga yang butuh belanja bulanan kebutuhan sehari-hari, aku yang anak kos pun tiap bulan selalu menjadwalkan yang namanya belanja ke supermarket. Barang belanjaannya pun mirip sama emak-emak; mulai dari makanan pokok, buah, deterjen, sampai cairan pembersih lantai (jiwa babu banget yak).

Nah, karena aku kerja, kadang waktu pulang kantor badan udah capek sendiri jadi gak sanggup ke supermarket. Akhir pekan pun lebih pilih istirahat atau memang biasanya ada event blogger. Jadi kapan dong belanja kebutuhan sehari-harinya? Nah, aku kemarin baru aja perdana cobain belanja online pakai aplikasi HappyFresh. Simak yuk cerita selengkapnya.

Sebenarnya aku sudah cukup lama tahu tentang HappyFresh, tapi karena akhir-akhir ini sibuk banget akhirnya iseng install aplikasinya di smartphone dan belanja untuk pertama kalinya. 


Cara Belanja dengan HappyFresh


HappyFresh tersedia baik di iOS maupun Android. Untuk pengguna android sepertiku bisa langsung download aplikasinya disini



Begitu buka dan sign up, kesan pertama yang ada di pikiranku: wow aplikasinya oke banget, navigasinya mudah dan interfacenya pun simpel. 

Untuk step by stepnya, pertama kita masukkan lokasi pengiriman, kemudian HappyFresh (HF) akan memberikan opsi pilihan lokasi belanja terdekat dengan lokasi pengiriman. Partner HF sendiri sudah cukup banyak lho, mulai dari Farmers Market, Ranch Market, GrandLucky, Super INDO, LOTTE Mart, Loka, Red & White, hingga Carrefour.

Selain Jakarta, HF juga tersedia di Bandung dan Surabaya, jadi buat kamu yang tinggal disana bisa langsung coba juga ya.


Setelah menetapkan pilihan lokasi belanja, kita pun diarahkan untuk mencari barang-barang yang ingin dibeli. Pilihan pencarian pilihan barangnya pun praktis karena dapat dilakukan melalui kata kunci maupun per kategori. Aku sih prefer pakai per kategori, soalnya memang anaknya suka jalan-jalan di lorong supermarket (kalau belanja langsung di tempat), eh ternyata online pun tetep begitu. 😋

Nah, kelar belanja, aku hanya perlu mengisi form delivery yang isinya alamat pengantaran, waktu pengantaran, dan yang paling penting: nama, nomor telepon, dan metode pembayaran.

Untuk waktu pengantaran, penting untuk diperhatikan apalagi di saat bulan puasa ini ya, tapi karena maunya sampe pas aku ada di rumah, aku pilih waktu pengantaran pukul 4-6 sore. Ongkos kirimnya Rp 20.000 untuk pengiriman dari Farmers Market Epicentrum, tapi ternyata dapet free ongkir hehehe.. 

Untuk metode pembayaran, ada pilihan kartu debit, kredit, hingga bayar di tempat alias Cash on Delivery (COD). Nah, karena takut ga ada di tempat saat pengantaran + males, aku pilih metode kartu kredit. Tapi ada kekurangannya sih.. Kalau ternyata ada barang yang habis atau tidak tersedia, maka kamu tetap akan dicharge sesuai invoice awal. Tapi tenang, bisa diurus ke supportnya HappyFresh untuk refund ke kartu kredit kamu dan dilakukan penyesuaian. Cuma, memang agak repot sih. Semoga bisa lebih gampang ya ke depannya.

Jika sudah selesai, nanti akan ada perubahan order status dari yang paling awal "Order Confirmed", berubah menjadi "Shopper Started".

Aku selesai belanja sekitar pukul 12.00 siang dan shopper mulai berbelanja sekitar pukul 16.00 sore. Kurang lebih 1 jam setelah mulai belanja, ada telepon dari personal shopper mengabari bahwa beberapa item ternyata out of stock dan tidak tersedia, tapi sejujurnya aku kurang merasa nyaman sih dengan shoppernya karena agak buru-buru dan memintaku agak cepat memutuskan sementara dia tidak menawarkan opsi apa pun untuk barang pengganti. Satu cokelat yang tidak ada pun saya minta ganti dengan cokelat lain dengan harga lebih murah 2 pcs, eh ternyata hanya dibelikan 1 😕  Itu pun aku diminta telepon segera, padahal akan lebih mudah kalau dia bisa kontak via Whatsapp.

Mungkin ke depannya shoppernya juga bisa ditraining lebih baik untuk rekomendasi barang yang tidak ada ya. Tapi dari segi sistem aplikasi HF sendiri sudah sangat baik karena ada checklist untuk jaga-jaga barang tidak ada, kita bisa minta shopper putuskan sendiri atau tanya kita terlebih dahulu. 

Karena aku tidak ada di tempat, kurir sempat telepon konfirmasi alamat pengiriman sekitar pukul 17.00 sore. Paket pun diterima oleh orang yang ada di rumah. Order status pun langsung berubah menjadi selesai! Sayang ternyata gak kebagian HF bag yang gonjreng ijo ituu.. Orderan hanya diantar dengan plastik belanjaan Farmers Market. Hiks.

Tapi overall, aku suka belanja di HF dan ke depannya bakal terus pakai. Mengapa? Karena praktis, gak perlu keluar rumah atau tunggu jam pulang kantor/ akhir pekan buat belanja barang kebutuhan sehari-hari. Buat aku yang malessss banget keluar rumah di hari libur karena capek dan mager takut item (ceileh), HF membantu sekaliiiii...! Selain itu metode pembayaran yang tersedia juga beragam dan mempermudah belanja, bisa pakai debit, kredit, atau bayar di tempat. 

Yang paling noticeable itu adalah aku gak perlu capek antre di kasir, soalnya aku kan anak kosan ya, sebanyak apa pun belanja, ya tetep bakal kalah sama emak-emak di supermarket. Kadang nunggu antre lamaaa banget dan bikin bete. Nah pakai HF ga perlu cape antre.

Terus yaaa, buat yang banci diskon (me me me!), di HF ini juga banyak promo menarik lho, kamu bisa pakai kode HFBLGITP sampai 30 Juni 2017 dengan minimum pembelanjaan Rp 150.000 aja buat 100 pengguna pertama. Buruan!

No comments:

Post a Comment

Let me know what you think!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...