Monday, May 23, 2016

Memilih Sepatu yang Tepat


Wanita selalu dikaitkan dengan beauty dan fashion, tidak terkecuali aku. Walau sebagian besar konten blog ini adalah beauty, aku sendiri sangat terobsesi dengan yang namanya sepatu. Hayo, siapa yang juga punya masalah yang sama?



Sering kali aku merasa kesulitan dalam memilih sepatu yang tepat karena pilihan sepatu sangat banyak dan bervariasi, mulai dari sandal jepit, flat shoes, hingga sepatu olahraga. Godaan untuk selalu berbelanja pun semakin besar dengan banyaknya toko online dan e-commerce di Indonesia.

Tapi jangan keliru, sepatu yang kita gunakan bukan hanya dinilai dari penampilan saja, melainkan lebih berkaitan dengan fungsi dan kesehatan kaki. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui fungsi, kelebihan, dan kekurangan berbagai jenis alas kaki.

Sandal Jepit


Menurutku, hampir semua orang di Indonesia pasti punya sandal jepit. Alasannya? Tentu praktis dan nyaman. Nah, masalahnya menurut the American Podiatric Medical Association (APMA), pengguna sandal jepit dapat mengalami rasa sakit pada kaki karena kurangnya bantalan sol. Akibatnya, risiko yang dapat terjadi antara lain terkilir, jari patah, hingga tendonitis (peradangan pada tendon).

Solusinya? Gunakan sandal yang memiliki tali pada bagian belakang sehingga kaki memiliki dukungan yang cukup.


Flat Shoes



Nah ini dia sepatu sejuta umat. Sepatu yang satu ini menjadi idola banyak wanita karena nyaman dan juga cocok digunakan di segala acara dan aktivitas. Meski nyaman dan praktis, ternyata sepatu dengan hak datar pun punya risiko seperti rasa sakit pada tumit, tumit retak-retak, hingga masalah nyeri pada pinggul akibat tidak adanya daya serap terhadap guncangan (shock absorbency).

Maka dari itu, pilihlah flat shoes dengan sol yang cukup tebal dan kokoh serta terasa nyaman.

High Heels



High heels alias sepatu hak tinggi memang memberikan rasa percaya diri yang lebih bagi para kaum wanita. Aku sendiri merupakan penggemar berat high heels karena memberikan siluet tubuh lebih proporsional.

Meskipun mempercantik penampilan, waspadalah karena sepatu hak tinggi yang memiliki hak lebih dari lima sentimeter dapat menyebabkan masalah kesehatan pada kaki cantikmu. Hampir sama dengan sandal jepit dan flat shoes, pemakaian sepatu hak tinggi yang salah dapat mengakibatkan tendonitis. Dan karena kaki adalah fondasi bagi tubuh kita, maka tidak heran bagian tubuh lain seperti lutut, pinggul, pinggang, hingga punggung pun dapat ikut terkena imbasnya.

Ingin tetap tampil stylish dan cantik dengan high heels tanpa merusak kesehatan? Kenakanlah high heels hanya pada saat-saat tertentu, misalnya pesta. Jika diharuskan memakai high heels setiap hari ke kantor, maka sebaiknya tambahkan bantalan tambahan (cushion) di dalam sepatu guna mengurangi tekanan pada tumit.


Sepatu Olahraga



Nah, di antara seluruh koleksi sepatuku, sebenarnya aku hanya punya satu sepatu olahraga. Hehe, maklum aku cukup malas berolahraga. Nah, umumnya sepatu olahraga didesain mengikuti mekanika tubuh serta lebih fleksibel sehingga mempermudah pergerakan keseluruhan kaki, terutama pada bagian tumit.

Nah, karena aku sedang mencari sepatu olahraga yang pas, aku biasanya coba mencari secara online karena praktis dan bisa langsung membandingkan harga. Salah satu e-commerce yang oke dan lengkap produknya adalah MatahariMall. Nah karena aku tidak menggunakan sepatu olahraga setiap hari, maka aku ingin mendapatkan sepatu dengan kualitas maksimal, dari hasil browsing disana, ketemu lah sepatu Adidas original. Happy!

Beberapa model sepatu Adidas original yang aku incar adalah tiga sepatu berikut ini:

 






Nah kira-kira mana model sepatu olahraga yang paling bagus menurut kamu?

No comments:

Post a Comment

Let me know what you think!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...