Sunday, March 19, 2017

Tips Jitu Cegah dan Atasi Sakit Tenggorokan


Hai girls! Akhir-akhir ini cuaca Indonesia, terutama Jakarta, makin labil deh. Terbukti dengan cuaca yang tidak menentu, cek ramalan cuaca katanya siang hujan, eh nggak. Tahunya malam hujan super deras sampai pagi. Hmm... Pastinya kamu aware kan kalau cuaca yang berubah-ubah itu bisa menurunkan kekebalan tubuh dan akhirnya bisa jadi penyakit? Nah, salah satu penyakit yang paling sering diderita oleh orang-orang saat musim pancaroba adalah sakit tenggorokan.

Meski terdengar sepele, sakit tenggorokan ini sangat mengganggu, terutama saat kita sedang makan. Nah, selain rasa sakit ketika menelan, sakit tenggorokan biasanya juga disertai dengan segambreng gejala menyebalkan lainnya seperti:

  • Sakit kepala
  • Pembengkakan kelenjar di leher
  • Pembengkakan tonsil/ amandel
  • Pegal dan nyeri otot
  • Batuk berdahak dan/atau kering
  • Pilek
Makanya, kali ini aku mau share tips jitu cegah dan atasi sakit tenggorokan supaya aktivitas kamu tidak terganggu, yuk simak!

1. Pilih Makanan dan Minuman yang Tepat


Saat gejala sakit tenggorokan sudah muncul, sebaiknya kamu segera menjauhi jenis makanan dan minuman yang dapat memperparah kondisi tersebut. Just skip that cold drinks and desserts for a while dan pilih makanan yang diolah dengan merebus atau kukus (hindari gorengan dan makanan berminyak). 

2. Jangan Lupa Cuci Tangan


Ya, sakit tenggorokan disebabkan oleh bakteri dan virus, 85% kasus justru disebabkan oleh virus. Nah, untuk mencegah sebaiknya kamu pun jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum beraktivitas, baik makan, bekerja, dan lain-lain.

3. Ganti Sikat Gigi setiap Bulan


Ternyata, sikat gigi yang kita gunakan pun berpengaruh lho! Bakteri dan virus dapat bersarang di helai bulu sikat gigi yang kita pakai, oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengganti sikat gigi tiap bulan. Setelah sembut dari sakit tenggorokan, sebaiknya kita buang sikat gigi yang lama guna mencegah infeksi kembali.

4. Tidur yang Cukup


Jangan lupa, ada pepatah bahwa "Sleep is the golden chain that binds health and our bodies together." Para dokter pun sering kali tidak meresepkan obat dan justru memberikan nasihat untuk memperbanyak istirahat alias tidur karena tidur adalah saatnya sel-sel tubuh kita bekerja memperbaiki bagian yang rusak atau lemah. Ayo perbaiki kualitas tidurmu!


5. Gunakan Obat Kumur


Nah, yang satu ini sebenarnya memang belum lumrah di Indonesia. Ya, sebenarnya kebiasaan berkumur justru sehat dan sebaiknya dilakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan. Dulu pun aku tidak familiar dengan kebiasaan berkumur sampai aku menjalani operasi pencabutan gigi bungsu yang mengharuskan aku berkumur setiap hari. Manfaat yang dirasakan pastinya rongga mulut lebih bersih dan aromanya menyegarkan. Sejak saat itu, aku pun terbiasa untuk berkumur.

Salah satu obat kumur yang patut dicoba adalah BETADINE® Obat Kumur. BETADINE® Obat Kumur mengandung Povidone-Iodine 1% yang mampu membantu mengatasi sakit tenggorokan, sariawan, gusi bengkak, dan bau mulut yang tidak sedap.

Yang paling penting, BETADINE® Obat Kumur aman digunakan setiap hari sesuai kebutuhan. Tapi, jangan kebablasan ya. Karena obat kumur sebaiknya digunakan saat diperlukan saja, misalnya saat ada gejala penyakit seperti sakit tenggorokan, sariawan, gusi bengkak, sakit gigi, dan bau mulut tidak sedap. Mengapa? Karena di dalam rongga mulut kita sebenarnya sudah ada bakteri baik yang dapat membantu menjaga kesehatan saat kita dalam kondisi normal.

Nah, kapan saat tepat untuk menggunakan obat kumur? Bisa saat sedang traveling karena perbedaan cuaca, makanan, serta jika ada risiko penyakit menular disana. Selain itu, jika kamu terlalu banyak makan makanan tidak sehat seperti gorengan, juga bisa mencegah sakit tenggorokan dengan obat kumur.

Lalu mengapa BETADINE® Obat Kumur? Karena BETADINE mengandung Povidone-Iodine yang sudah dipercaya selama lebih dari 50 tahun di seluruh dunia. Kamu pasti sudah akrab dengan merek BETADINE kan sejak kecil? :) Povidone-Iodine sendiri merupakan zat anti mikroba yang telah terbukti efektif membunuh bakteri, virus, dan jamur.

Nah, kelima tips di atas gampang dipraktikkan bukan? Jangan sampai kamu terkena sakit tenggorokan ya, jika terlanjur mengalami, jangan lupa untuk menerapkan kelima tips di atas.

    1 comment:

    1. obat kumur memng paling efektif ya untuk mengatasi sakit tenggorokan..

      ReplyDelete

    Let me know what you think!

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...