Monday, July 17, 2017

Internetan Hemat saat Liburan ke Luar Negeri


Dua tahun terakhir ini aku cukup sering traveling, baik sendirian maupun bareng teman-teman. Banyak pasti yang komentar atau bahkan nyinyir "wah kaya ya" atau "gila hidupnya jetset banget'. Well, well, well, pastinya mereka yang komentar begitu belum tahu perjuanganku buat traveling tapi tetep hemat. Ya, karena traveling tidak selalu identik dengan boros dan mewah. Salah satu hal yang sulit buat dihemat adalah: INTERNETAN.

Gak usah pas jalan-jalan, internetan dalam kehidupan sehari-hari pun sudah jadi kebutuhan pokok keempat setelah sandang-pangan-papan. 😂 Sementara saat lagi traveling, internet itu PENTING BANGET. Selain buat pamer dan eksis di Instagram, hal yang satu ini juga sangat membantu saat traveling misalnya buat akses peta, kontak darurat ke orang terdekat, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, aku mau sharing beberapa tips buat hemat internetan saat liburan ke luar negeri supaya tetap aman, nyaman, dan teteeeep eksis di media sosial!

Nebeng Wi-Fi Gratisan 


Nah kalau yang satu ini pastinya yang paling hemat. Cukup mendekat (kalau beruntung) ke area hotspot bisa langsung nebeng internetan deh update-update foto kece di tempat tujuan wisata. 

Sayangnya, tidak semua tempat dan negara dilengkapi dengan banyak hotspot gratisan. Banyak yang berbayar atau bahkan tidak tersedia sama sekali. Jadi, ada baiknya kamu riset terlebih dahulu tentang ketersediaan jaringan wi-fi di negara tujuan. Gak lucu kan udah pede gak beli SIM Card lokal atau roaming eh malah gak ada free wi-fi sama sekali?

Beli SIM Card Lokal 


Untuk pilihan yang satu ini, aku sendiri cukup sering pilih karena merasa mungkin akan lebih baik kalau punya SIM card lokal karena faktor jaringan dan juga lebih aman karena punya kontak dengan nomor dan provider lokal di tempat tujuan.

Walau biasanya lebih nyaman dan terjangkau (karena menggunakan tarif lokal), tidak semua negara memiliki aturan yang longgar mengenai pembelian SIM card setempat.

Pengalaman kurang mengenakkan waktu itu kurasakan saat berkunjung ke RRC. Ternyata warga negara RRC yang diizinkan untuk membeli SIM card (saat itu aku beli bukan di airport tapi di mall), kalau pun bisa dengan paspor, tetap lebih rumit dan untungnya aku punya teman orang lokal jadi dia bantu beli dengan mendaftarkan namanya sebagai pengguna.

Masalah pun belum selesai sampai disitu, ternyata setelah dipasang, handsetku tidak kompatibel dengan sistem jaringan di RRC. Sehingga yang harusnya mampu 4G hanya bisa EDGE saja...

Jadi jika memang ingin memilih opsi ini, kamu juga wajib riset menyeluruh sebelum pergi ya!

Patungan Mi-Fi Bareng Teman 


Nah, opsi yang satu ini sebenernya oke dari segi kualitas koneksi internet dan harga, tapi bepergian dengan Mi-Fi akan terasa cukup berat jika kamu solo traveling. Jadi pastikan kamu sedang traveling in group atau bersama teman jika memang ingin pilih opsi ini.

Mi-Fi sendiri juga sudah cukup lumrah dan dengan mudah dapat ditemukan baik di Indonesia (negara asal) maupun di negara tujuan (biasanya ada di airport).

Kelemahan lainnya adalah kita wajib menyimpan deposit pada pihak penyedia layanan ini. Biaya layanan dan deposit pun cukup mahal jika harus ditanggung sendiri. 

Selain itu, saat traveling in group, kalian pun harus memastikan bahwa kalian akan selalu bersama-sama karena jika tidak bisa kacau. Buatku pribadi sih, walau traveling in group, there are times when we want to go separate ways, nah jika ada Mi-Fi jadi complicated sih kalau mau misah.

Jadi untuk opsi ini pastikan kamu traveling in group dan punya strict itinerary dimana seluruh pengguna Mi-Fi tidak akan berpencar saat di negara tujuan.

Beli Paket Data Roaming sebelum Berangkat 




Nah, untuk kamu yang mau praktis internetan di luar negeri, telah hadir XL Easy Roaming yang terdiri atas XL PASS, Roaming Combo dan XL Umroh.

Nah yang ingin aku bahas lebih lanjut adalah si XL PASS. Jangan khawatir, produk ini tersedia bagi pelanggan prabayar dan tarifnya pun bisa langsung diketahui sebelum digunakan.

Kuota Paket Prabayar HotRod, XTRA Combo dan XL Go juga dapat digunakan di luar negeri semudah di dalam negeri dengan menggunakan XL PASS. Dengan XL PASS, kuota paket internet kamu pun bisa digunakan saat jalan-jalan ke 39 negara di dunia lho! Wow. 


Untuk kamu yang gak mau ribet ganti SIM Card atau cari-cari spot wifi, cukup aktifkan XL PASS sebelum pergi terbang jalan-jalan atau bisa juga pas sampai di negara tujuan. Aktivasinya pun mudah banget, cukup tekan tombol *123*747# atau buka myXL apps di handset kamu sebelum atau sesudah di luar negeri. Dan lebih asik lagi, sisa kuota yang dipakai di luar negeri juga bisa dipakai setelah jalan-jalan nanti sekembalinya di Indonesia. Gak rugi kan?

Paket yang tersedia pun beragam dan bisa disesuaikan dengan durasi jalan-jalan kita, mulai dari 3 hari hingga satu bulan.

Nah gimana, itu dia 4 tips internetan hemat saat liburan ke luar negeri versi aku. Kamu tinggal sesuaikan dengan kebutuhan dan traveling style kamu. Kalau memang kamu traveling-nya santai bisa pilih nebeng wi-fi gratisan, buat yang traveling in group bisa coba sewa Mi-Fi, sementara buat kamu yang pengen praktis bisa pilih beli SIM card lokal atau aktifkan XL PASS untuk kemudahan dan manfaat lebih banyak!

Hayo, habis ini mau jalan-jalan kemana?

1 comment:

  1. I just read this and wrote a comment,because the comment has been very important improve my basic skills,I appreciate that they took the time to comment at all,I thought it was about time something like this existed,I’ve always loved getting detailed comments from people.

    ReplyDelete

Let me know what you think!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...